Minggu, 10 Oktober 2010

Lancar Berbahasa Inggris




Waktu saya pertama kali kerja di restoran yang ada bar di pinggir swimming pool Bali dulu, bahasa inggris saya cepat sekali menjadi lebih lancar hanya dalam seminggu. Di hari pertama, saya hampir tidak mengerti sama sekali jika mendengar 2 orang Australia sedang ngobrol dalam bahasa inggris sambil minum di pinggir kolam renang tersebut. Namun ketika orang Australia tersebut berbicara langsung dengan saya, untuk memesan minuman atau makanan ringan maka seperti yang diajarkan dalam melayani tamu hotel tentu saja saya harus melakukan kontak mata dan melihat gerak bibirnya. Rupanya ketika bule tersebut berbicara langsung dengan saya maka saya lebih mudah untuk mengerti, karena melihat mata dan gerak bibirnya tersebut tentunya. Sangat berbeda jika mendengarkan mereka ngobrol dalam bahasa Inggris gaya Australia, walaupun dari jarak dekat.

Waktu sekolah, memang saya punya prestasi yang bagus dalam pelajaran bahasa inggris ini, walaupun di awal-awalnya nilai saya pernah 6 dan bahkan 5. Waktu prestasi bahasa inggris saya masih jelek tersebut, beruntunglah bibi saya memberikan saran bagaimana cara belajar bahasa inggris yang jitu menurutnya. Pengalaman meningkatkan prestasi bahasa inggris dari pas-pasan menjadi “cemerlang” ini pernah saya tulis untuk anda dengan judul Cara Cepat Dapat Nilai 9 Dalam Bahasa Inggris
Nampaknya sangat benar, bahwa walaupun waktu sekolah saya sudah sering praktek bahasa inggris dengan teman-teman atau guru-guru maka rasanya bahasa inggris yang diucapkan oleh orang Indonesia itu jauh lebih mudah dimengerti, bibandingkan dengan bahasa inggris yang diucapkan langsung oleh bule, hehe..
Terbukti, ketika berhadapan langsung dengan bule, saya kelimpungan juga. Baru setelah dalam keadaan terpkasa harus berbicara dan mendengarkan langsung bule-bule bicara (karena tuntutan kerja di restoran tersebut diatas), maka dalam waktu seminggu saya mulai terbiasa. Dan proses untuk terbiasa tersebut menjadi sangat mudah ketika kita melihat bibir bule dan memandang mata mereka yang sedang berbicara tersebut. Itulah pengalaman saya dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris, Lancar Bahasa Inggris Setelah Lihat Mata Dan Bibir :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar